Makna Dari Pentagram

Posted by

Pentagram, Mungkin kata ini sudah tidak asing lagi buat kita. Karena kata ini sering muncul di pelajaran Matematika tentang geometri. Dan Pentagram juga bisa dibilang salah satu lambang tertua di dunia ini. Pada awalnya mungkin Pentagram digunakan sebagai simbol religius untuk kaum pangan. Tapi jaman sekarang kata pangan telah hampir disamakan dengan pemujaan setan. Dalam bahasa yunani Pentagram disebut dengan Pentagramon, yang memiliki arti "bergaris lima" atau "lima garis".


Nama tersebut menunjukan bahwa pentagram bukan hanya sebuah bintang berujung lancip lima. Melainkan Pentagram erat hubungannya dengan pemujaan. Dan orang jaman dahulu menafsirkan ini menjadi sebagai bagian laki-laki dan perempuan. yang bertugas untuk menyeimbangkan kekuatan (Yin dan Yang). Jika kekuatannya  seimbang maka akan terjadi kekacauan di dunia ini. Pada interpretasi yang khusus pentagram melambangkan simbol dewi Venus dan Planet Venus (Dewi cinta, sex, dan kecantikan perempuan). jika dilihat dari Bumi dengan latar belakang rangkaian bintang (Zodiac), Venus membentuk sebuah bintang berujung lancip lima mengelilingi Matahari setiap delapan tahun sekali, dan kembali tepat ke letak awalnya setelah siklus sepanjang empat puluh tahun.

orang-orang Yunani menggunakan siklus delapan tahunnya itu untuk mengorganisasi olimpiade mereka. Sedikit saja orang yang tahu bahwa siklus empatpuluh tahunan olimpiade modern masih mengikuti setengah siklus Venus. Bahkan, lebih sedikit orang yang tahu bahwa bintang segi lima hampir telah menjadi segel resmi olimpiade tersebut. Saat ini, bintang bergaris lima merupakan sebuah klise virtual dalam film-film pembunuhan berantai berlatar setan. 

Pentagram digunakan secara simbolis pada masa Yunani kuno dan Babilonia. Pentagram dihubungkan dengan dunia sihir, dan banyak orang yang mempunyai kepercayaan paganisme mengenakan kalung berbentuk pentagram. Agama Kristen pernah menggunakan pentagram dengan umum untuk melambangkan lima luka Yesus, namun umat Kristen saat ini mengaitkan bentuk tersebut dengan Setan. Meskipun begitu, kebanyakan orang yang menggunakan bentuk ini bukanlah pemercaya Setan.

Simbol ini sering digunakan oleh para tukang sihir perempuan dalam melakukan prakteknya. Pentagram berhubungan dengan Lucifer dan tukang sihir perempuan. Lucifer berarti “putra sang pagi”. Ada beberapa kebenaran dalam gambaran tentang setan yang dilukiskan sebagai seorang ‘malaikat penerang’.  Karena itu, rasa bangga dan kesombongan telah menguasai diri Lucifer. Karena sifat juga yang membuatnya terpuruk dalam kesesatan.

Jika pentagram ini diputar secara terbalik, bentuknya menjadi semacam bintang yang “bertanduk”. Atau bila diamati secara seksama. simbol bintang ini dalam perputarannya seakan-akan membentuk wajah setan. Dan sampai saat ini Pentagram dijadikan sebuah simbol yang dipergunakan seluruh gereja setan di dunia.


Blog, Updated at: Senin, Juli 30, 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Dilike yah!!!!